HASIL LAPORAN OBSERVASI PERUBAHAN SOSIAL

Assalamualaikum wr wb 
Menurut saya, perubahan sosial adalah sebuah perubahan yang akan terjadi dikarenakan suatu hal yang membuat masyarakat suatu daerah meninggalkan kebiasaan lama dan memakai kebiasaan baru dengan waktu yang cepat ataupun lambat. 

Perubahan sosial dipengaruhi oleh adanya budaya baru yang masuk ke daerah tertentu yang membuat masyarakat daerah tersebut menggunakan atau mengadopsi budaya tersebut menjadi budaya mereka. 

Dari budaya yang masuk hingga mengadopsi budaya tersebut masyarakat secara tidak langsung menggunakan sistem modernisasi yang dimana masyarakat tersebut melakukan perubahan wujud atau transformasi secara menyeluruh terhadap kehidupan dalam masyarakat yang bersifat tradisional ke modern seperti zaman sekarang ini. Saya melakukan observasi di daerah pandan kecamatan pancur kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang, peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Di daerah pandan sangat sulit menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sangat sulit sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.Berikut ini perubahan yang ter jadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.


1. Arsitektur Rumah zaman dahulu dan 
      zaman modern.
•Rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah jaman dahulu memiliki arsitektur yang sangat unik dan punya banyak makna. Rumah zaman dahulu r Deeata-rata terdapat di desa. Berikut ini jenis-jenis rumah jaman dahulu:
 a. Rumah joglo 
Berikut ini contoh rumah joglo zaman dahulu
Rumah bapak Suryan dengan gaya rumah joglo yang beralamat desa pandan RT02/RW 02 kec. Pancur kab. Rembang

     Rumah Joglo adalah rumah adat dari Jawa Tengah yang pada umumnya dibangun dengan menggunakan kayu jati.Ciri khas rumah Joglo dapat dikenali pada atapnya yang berbentuk tajug atau semacam atap piramida yang mengerucut.Istilah Joglo sendiri berasal dari kata "tajug" dan "loro" yang disingkat juglo dan memiliki makna penggabungan dua tajug.Dalam perkembangannya, penyebutan juglo berubah menjadi joglo. Berikut ini sejarah rumah adat Joglo dan filosofinya.

Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:
 a. Gaya modern.
Rumah bapak madi dengan gaya modern yang beralamat desa pandan RT09/RW 03 kec.pancur kab.rembang
Rumah modern adalah salah satu konsep yang hadIr lebih awal di antara konsep yang populer saat ini. Kemunculannya pada Abad Pertengahan, sekitar abad ke-19 dan ke-20, yang hadir bersamaan dengan perkembangan industri, sebagai inovasi alternatif gaya tradisional atau klasik di masa itu.
Rumah modern memiliki andil besar dalam melahirkan konsep rumah minimalis atau rumah kontemporer pada umumnya saat ini. Karena itu pula, rumah modern penampakannya mirip dengan rumah kontemporer sehingga seringkali dianggap sama.
Namun rumah modern sebenarnya lebih cocok mengacu pada gaya retro, yang merupakan manifestasi dari gaya modern yang sebenarnya. Nilai utama dari gaya arsitektur modern adalah kesederhanaan. Nilai itu diterapkan dalam bentuk bangunan yang umumnya minim dekorasi, serta penggunaan warna-warna yang netral seperti putih atau abu-abu.


2. Perabotan rumah zaman dahulu dan zaman         modern
•perabotan zaman dahulu
   Perabotan zaman dahulu masih menggunakan atau memanfaatkan alam yaitu tanah merah.  Misah saat membuat perabotan yang masih menggunakan alam yaitu: 
a. Kendi 
Kendi adalah tempat untuk menyimpan air berbentuk seperti teko yang terbuat dari tanah liat. ciri khas tersendiri yaitu bisa membuat air terasa lebih segar,dingin pas diminum tetapi dengan adanya perubaahan zaman alat minum zaman dahulu pun atau bisa disebut kendi sudah langka sekali ada yang melestarikan kendi yang terbuat dari tanah liat itu pun cuma beberapa saja yang mengolah pun orangnya sudah sudah tua reta satu satunya penerusnya adalah keturunanya namun, anak muda dizaman sekarang memilih untuk merantau ketimbang meneruskan budidaya kendi dari tanah. 

b. Cobek
   Cobek adalah sepasang alat yang telah digunakan sejak zaman purbakala untuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur bahan-bahan tertentu (misalnya bumbu dapur, rempah-rempah, jamu, atau obat-obatan). Istilah cobek merujuk kepada sejenis mangkuk sebagai alas untuk kegiatan menumbuk atau mengulek, sementara ulekan merujuk kepada benda tumpul memanjang seperti pentungan yang dapat digenggam tangan untuk menumbuk atau mengulek suatu bahan. Baik cobek biasanya dibuat dari bahan yang keras, misalnya kayu keras, batu, keramik, atau logam.


• perabotan zaman sekarang
a. Teko
 teko adalah suatu wadah yang digunakan untuk menjerang daun atau campuran herbal dengan air yang hampir mendidih. teko yang mana teko itu terbuat dari bahan dasar plastik yang mudah dibuat dan sangat praktis sekali bagi zaman sekarang,dikarenakan apa?bahan baku zaman dulu sudahlah langka untuk didapatkan dan anak zaman sekarang tidaklah mudah untuk diajari membuat kendi tersebut,pemikirannya hanyalah pengen yang cepat dan praktis.tetapi,teko yang terbuat dari bahan plstik itu tidaklah baik untuk tubuh kita karena plastik mengandung komponen yang berbahaya bagi kesehatan ,yaitu bisphenol A(BPA)dan phthalate beda dengan kendi yang mempunyai sifat kekhasannya.
b. Blender
Blenderbadalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Pisau berbentuk seperti sebuah baling-baling pendek yang dipasang pada bagian bawah wadah. Pisau ini diputar dengan cepat dengan tenaga dari sebuah montor sehingga alat ini dengan segera dapat mencampur, mencincang, dan melumatkan bahan-bahan yang dimasukkan ke dalamnya. Blender juga umumnya dilengkapi pengatur kecepatan berputarnya pisau di dalam wadah. Blender biasanya dipakai di dapur atau di bar.


Disusun oleh: Siti nurnadila (31)

Postingan populer dari blog ini

MAKANAN KEARIFAN LOKAL LEPET JAGUNG

MINUMAN KEARIFAN LOKAL BUBUR KACANG HIJAU